Workshop on “Biosafety-Biosecurity Principles and Practices”

Bogor, krp.fkh.ipb.ac.id. Delegasi FKH IPB dalam workshop on ”Biosafety-Biosecurity Principles and Practices” pada 20-21 Mei 2014 lalu sedang berfoto bersama setelah mengikuti kegiatan. Perwakilan dari Departemen KRP dalam kegiatan tersebut adalah Dr. Drh. Sri Estuningsih, MSi, APVet dan Drh. Mokhamad Fakhrul Ulum, MSi. Kegiatan berlangsung sangat menarik di Gedung Andi Hakim Nasution lantai 6 IPB tersebut dengan narasumber, Dr. drh. Diah Iskandriati selaku Kepala Fasilitas Penelitian di Pusat Studi Satwa Primata IPB dan selaku Koordinator Program Asosiasi Biorisiko Indonesia. Narasumber lainnya adalah Dr. dr. Budiman Bela, Sp.MK(K), Sekretaris I Asosiasi Biorisiko Indonesia dan Vice Director for Science, Institute of Human Virology and Cancer Biology Universitas Indonesia.

Moto “Working safely is like breathing, if you don’t, you die,” seharusnya dipegang teguh oleh laboran, peneliti, dan pengguna laboratorium lainnya. Prinsip-prinsip biosafety dan biosecurity yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah sistem kontainmen laboratorium dan penilaian risiko yang meliputi dasar-dasar sistem kontainmen termasuk praktek dan teknik laboratorium yang benar, peralatan keselamatan, fasilitas yang melindungi pekerja laboratorium, lingkungan, dan masyarakat dari terpaparnya mikroorganisme menular.

“Saat ini kita hidup di era ketidakpastian dan perubahan, dimana agen infeksi dan penyakit baru telah muncul. Selain itu, terjadi peningkatan jumlah orang yang bekerja dengan agen infeksi di riset publik maupun swasta, kesehatan masyarakat, laboratorium klinis dan diagnostik, juga fasilitas penelitian satwa. Bahkan di dunia telah muncul ancaman-ancaman baru bioterorisme. Untuk alasan inilah, penting bagi IPB maupun direksi laboratorium untuk mengevaluasi dan memastikan efektivitas program keamanan hayati mereka, kemahiran pekerjanya serta kemampuan peralatan, fasilitas dan praktik menajemen untuk menyediakan kontainmen dan keamanan agen mikrobiologi,” terang Prof.Dr. Iskandar Z. Siregar, Direktur Riset dan Inovasi IPB.

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Comments are closed.