Facilities

Bersamaan dengan IPB dijadikan sebagai universitas yang dikelola secara mandiri (IPB-BHMN) melalui Peraturan Pemerintah No. 154 tahun 2000, sejak tahun 2000 Fakutas Kedokteran Hewan (FKH) IPB dipindahkan ke kampus baru di Darmaga Bogor. Bersamaan dengan hal tersebut, departemen-departemen di FKH juga turut serta mengikuti perpindahan dengan fasilitas:

Gedung dan Ruang kelas

Gedung departemen KRP merupakan bagian dari gedung Fakultas FKH IPB yang terdiri dari komplek bangunan berlantai 4 (empat) dengan luas 18.000 meter persegi. FKH IPB persegi dilengkapi 1 (satu) ruang kelas besar berkapasitas 250 orang 3 (tiga) ruang kelas sedang berkapasitas 150 dan 6 (enam) ruang kecil berkapasitas 60 orang. Seluruh ruang kelas telah dilengkapi dengan pengatur suhu ruangan dan prasarana multimedia, papan tulis dan layar.

Perpustakaan

Perpustakaan di FKH IPB juga dapat diakses dengan mudah dari departemen KRP. Lokasi perpustakaan tidak jauh dari kantor departemen KRP, dimana terletak diseberang wing kantor utama KRP. Perpustakaan memiliki luas 156 m persegi dan dilengkapi dengan pengatur suhu ruangan dengan bahan pustaka tidak kurang dari 4.000 judul dengan 5.500 kopi. Koleksi perpustakaan meliputi buku teks, diktat, jurnak, majalah, skripsi, tesis, laporan penelitian dan lain-lain. Selain perpustakaan fakultas, departemen KRP juga memiliki perpustakaan mini yang terletak disebelah ruang administrasi departemen. Koleksi yang dimiliki lebih spesifik berkaitan dengan bidang KRP yaitu ilmu klinik, reproduksi dan patologi.

Laboratorium

Laboratorium yang ada di departemen KRP meliputi:

  • ruang nekropsi;
  • laboratorium histopatologi;
  • laboratorium kultur jaringan;
  • laboratorium radiologi,
  • ruang bedah hewan,
  • unit produksi dan analisa semen,
  • laboratorium farmasi,
  • laboratorium diagnostik, dll.

Kantin “Cafe Ungu”

Kantin di departemen KRP juga tidak terpisah dari FKH IPB. Kantin terdapat di lantai 2 sebelah Plaza Gur Dur tepat didepan Foyer FKH. Terdapat banyak varian menu yang sehat dengan harga yang terjangkau untuk seluruh sivitas.

Parkir Kendaraan

Parkir kendaraan di departemen KRP juga tidak terpisah dari FKH IPB. Parkir kendaraan roda 4 terletak didepan pelataran utama dan halaman belakang fakultas. Sedangkan untuk kendaraan roda 2 terpusat dikelola oleh IPB yang terletak diseberang gedung FKH dan Fapet. Kendaraan sepeda (non emisi) juga tersedia di FKH dengan lokasi didepan satpam fakultas.

Poliklinik Kesehatan

Poliklinik layanan kesehatan dikelola secara terpusat oleh IPB. Poliklinik IPB berlokasi di seberang Wisma LandHuis tidak jauh dari Masjid Al-Hurriyah IPB. Poliklinik melayani semua sivitas akademika IPB.

Fasilitas Olahraga

Fasilitas berolahraga bagi sivitas departemen KRP juga menjadi satu dengan fakultas dan IPB. Fasilitas yang tersedia di FKH berupa lapangan voly outdoor, lapangan futsal outdoor, dan lapangan berkuda (di URR, Unit Rehabilitas Reproduksi). Sedangkan fasilitas GOR dan Gymnasium dikelola oleh IPB yang dapat juga diakses oleh sivitas akademika di departemen KRP.

Internet “Free Wifi

Fasilitas koneksi data jaringan komunikasi internet tersedia diseluruh bagian departemen KRP yang dikelola oleh fakultas. Wifi dapt diakses secara gratis “free” dengan melakukan login menggunakan user dan password masing-masing yang telah diperoleh saat menjadi bagian dari sivitas akademika IPB.

Taman

Taman merupakan bagian yangterpisahkan dari gedung fakultas dan departemen. Taman tersedia dipersekitaran gedung lantai 1 diantara wing dan node. Berbagai macam tanaman ditanam dan menghiasi persekitaran.

 

 

Comments are closed.